Kelas Ibu Hamil di Desa Sriwangi Ulu : Wujudkan Kesehatan Ibu dan Keluarga

Kelas Ibu hamil adalah kelompok belajar bagi para ibu dan calon ibu tentang kesehatan ibu hamil secara menyeluruh. Tujuan diadakannya kelas ibu hamil ini adalah mengedukasi ibu hamil agar dapat menjalani proses kehamilan dan persalinan dengan lancar serta melalui fase awal kehidupan bayi dengan bekal pengetahuan dasar.
Sasaran peserta kelas ibu hamil sebaiknya pada umur kehamilan 4 sampai 36 minggu karena pada umur kehamilan ini kondisi ibu sudah kuat. Sasaran peserta kelas ibu hamil maksimal 10 orang setiap kelas, jika diperlukan diikusertakan pula suami atau keluarga.
Pertemuan kelas ibu hamil di Desa Sriwangi Ulu dilaksanakan pada hari Rabu (16 /11) yang dihadiri oleh  ibu hamil, bidan desa, dan staf UPTD Puskesmas Taraman (Bidan/Fasilitator). Pertemuan ini diisi dengan materi tentang kehamilan yaitu hal – hal yang harus dihindari selama kehamilan. Setelah pemaparan materi oleh fasilitator, dilakukan diskusi dan tanya jawab dengan peserta. Pada setiap akhir pertemuan juga dilakukan senam ibu hamil. Senam ibu hamil ini bertujan untuk meningkatkan kebugaran dan kesehatan ibu selama kehamilan serta dapat diterapkan oleh ibu di rumah masing-masing. Adapun pemeriksaan kehamilan juga dilakukan oleh bidan dan staf UPTD Puskesmas Taraman kepada setiap ibu hamil.
Selain dilaksanakan secara tatap muka, UPTD Puskesmas Taraman juga melaksanakan kelas ibu hamil melalui website kelas ibu hamil (e – classmil). Website ini berisikan materi yang diajarkan selama pertemuan tatap muka, lokasi pelaksanaan kelas ibu hamil, serta media konsultasi online antara ibu dan bidan. Website ini sangat berperan dalam pencapaian target kelas ibu hamil di UPTD Puskesmas Taraman terutama bagi ibu hamil yang berhalangan hadir serta dapat di ulang oleh ibu ketika berada di rumah.

 

Tinggalkan komentar

Kirim Pesan
Selamat datang di e - classmil !
Terima kasih telah menghubungi kami,
Silahkan lanjut ke chat untuk konsultasi lebih lanjut.