Hari Kesehatan Nasional Ke – 58 : Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku !

Hari Kesehatan Nasional (HKN) diperingati pada tanggal 12 November setiap tahunnya. Hari Kesehatan Nasional 2022 telah memasuki tahun ke-58.

Selama 2 tahun lebih, dimensi kesehatan Bangsa Indonesia mengalami masa suram dikarenakan pandemi COVID – 19. Saat ini, perlahan Indonesia mulai bangkit dan maju menuju kepulihan kesehatan bangsa secara menyeluruh dengan mengusung tema ‘Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku’.

Dikutip dari website resmi sehatnegeriku.kemkes.go.id, Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI Kunta Wibawa Dasa Nugraha mengatakan untuk menuju reformasi di sektor kesehatan dilakukan dengan cara transformasi kesehatan yang di dalamnya meliputi enam pilar antara lain, transformasi Layanan Kesehatan Primer, transformasi Layanan Rujukan, tansformasi Sistem Ketahanan Kesehatan, transformasi Sistem Pembiayaan Kesehatan, transformasi SDM Kesehatan, dan transformasi Teknologi Kesehatan.

Sedikit mengulas sejarah HKN, bermula pada tahun 1950-an yang mana muncul wabah malaria. Saat itu penyebaran wabah malaria sangat mengkhawatirkan hingga menjangkit ratusan ribu rakyat Indonesia.

Pemerintah saat itu mendirikan Komando Pembasmian Malaria (KOPEM) sebagai bentuk upaya dalam mengatasi wabah yang secara simbolis diresmikan pada 12 November 1959 dengan melakukan aksi penyemprotan Dichloro Diphenyl Trichloroethane (DDT) pertama di rumah-rumah penduduk Desa Kalasan, Yogyakarta.

Program KOPEM sendiri baru bisa dikatakan berhasil setelah dijalankan selama 5 tahun, hingga Indonesia divonis bebas dari wabah malaria. Keberhasilan program itu yang melatarbelakangi diperingatinya Hari Kesehatan Nasional.

Berdasarkan sejarah itu, dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional hendaknya menjadi pengingat bahwa dalam membangun bangsa lebih sehat bukan hanya menjadi tugas tenaga medis saja tetapi butuh kerja sama dari seluruh pihak.

Sejak bulan Oktober Tahun 2022, UPTD Puskesmas Taraman telah melakukan serangkaian kegiatan Hari Kesehatan Nasional. Berbagai kegiatan digelar untuk memeriahkan puncak acara HKN ini diantaranya lomba pembuatan video edukasi cuci tangan bagi seluruh staf UPTD Puskesmas Taraman.

“Hari Kesehatan Nasional ke – 58 menjadi momentum bagi kita semua sebagai insan kesehatan untuk terus mendorong terwujudnya gerakan masyarakat hidup bersih dan sehat, mampu mengajak masyarakat untuk memeriksakan kesehatannya secara rutin, dan selalu berupaya untuk mengembangkan diri dan organisasi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat”, Ungkap kepala UPTD Puskesmas Taraman, Bapak Ahmad Syaikhu, SKM, M.Kes. melalui sambutannya dalam peringatan puncak Hari Kesehatan Nasional ke-58 di UPTD Puskesmas Taraman pada Sabtu (12/11).

 

Tinggalkan komentar

Kirim Pesan
Selamat datang di e - classmil !
Terima kasih telah menghubungi kami,
Silahkan lanjut ke chat untuk konsultasi lebih lanjut.